The Encouragement Of Love

Dalam interaksi antar manusia, tanpa disadari kita memegang peranan yang amat penting. Saya selalu percaya bahwa hal kecil yang kita lakukan, dapat membawa pengaruh yang besar bagi kehidupan orang lain. Hal kecil itu dapat berbentuk positif ataupun negatif.

Setiap manusia memiliki kebutuhan terbesar untuk dikasihi. Bagi saya, kasih adalah suatu bentuk kata kerja yang artinya kasih itu harus dilakukan. Kita perlu menunjukkan kasih kita pada orang lain lewat sikap kita. Kasih bukanlah kasih, jika belum diberikan.

Sikap kita kepada seseorang menentukan apakah orang tersebut merasa dikasihi, atau sebaliknya.

Bayangkan bagaimana rasanya jika kita diperlakukan secara tidak baik oleh seseorang, mungkin sepele seperti diperlakukan secara tidak ramah oleh pelayan restoran. Karnanya, mungkin kita akan berpikir dua kali untuk mengunjungi restoran itu lagi. Pada kenyataannya, kebutuhan untuk merasa dikasihi bukan saja perlu kita terima dari orang-orang terdekat kita melainkan juga dari orang yang tidak memiliki hubungan secara langsung atau dekat dengan kita.

Biasanya bentuk kasih yang kita berikan digerakkan oleh perasaan kita. Ketika suasana hati sedang baik maka kita akan menjadi pribadi yang menyenangkan. Bagaimana jika perasaan kita sedang kacau? Bisa saja kita menimbulkan kekacauan bagi kehidupan orang lain. Contoh yang lain adalah biasanya kita memperlakukan orang lain sama atau bahkan lebih buruk dari cara orang tersebut memperlakukan kita.

Saya pernah mengalami saat dimana saya sungguh tidak ingin bersikap baik karna saya merasa tidak baik. Tapi saya sadar betul saya memiliki pengaruh untuk mencerakan atau mengkelamkan suatu kehidupan.

Jika saya memiliki kendali untuk menjadi pengaruh positif dalam kehidupan orang lain, tentu saya harus mulai dengan sebentuk tindakan yang berlawanan dengan perasaan negatif saya pada saat itu.

Lingkungan atau keadaan bisa saja membuat suasana hati kita menjadi buruk, namun saya percaya setiap kita memiliki dorongan untuk memberikan kontribusi positif bagi kehidupan orang lain dan hal tersebut hanya dapat terpenuhi jika kita memiliki komitmen untuk memberikan hanya yang terbaik bagi orang lain lepas dari bagaimanapun perasaan kita.

Judul yang saya berikan untuk tulisan kali ini adalah The Encouragement Of Love karna saya percaya sebentuk tindakan kasih yang kita berikan dapat memberikan suatu dorongan, dapat mengobarkan semangat dan membesarkan hati seseorang yang mungkin saja sedang membutuhkannya. So, let's don't stayed away from loving =)

May your act of love encouraging the needy.

Love,
Me

0 komentar: