Rasa Syukur Stiap Hari

Hari ini mama beliin martabak kesukaan kita (gue and adek-adek) di pasar deket rumah yang kira-kira jaraknya 5 menit jalan kaki dari rumah gue. Di keluarga gue, gue ngak pernah ngerasa bokap nyokab gue pilih kasih. Seperti yang terjadi pagi ini, nyokab beliin martabak seorang dua buat gue and ade gue. Lucu banget... Yah, itulah nyokab gue. Gue selalu bersyukur sih punya nyokab kayak mama karna anaknya ada 4 tapi dia selalu mikirin semuanya tanpa membedakan meski banyak sikap mama yang kadang gue ngak habis pikir. Mama juga selalu sediain sarapan buat kita, meskipun dia ngak masak sendiri karna pagi-pagi mama udah harus buka toko. Banyak deh perhatian mama ke anak-anaknya. Semua hal itu buat gue bersyukur punya keluarga kayak gue sekalipun juga ada banyak hal yang buat gue kurang nyaman.

Dalam hidup gue belajar, banyak hal yang membuat kita tidak nyaman dapat kita keluhkan setiap hari. Dari cuaca panas, macet, sampe-sampe bokap nyokab yang cerewet. Rasanya, banyak hal yang bisa buat kita ngak puas sama kehidupan kita.

Kenapa sih mengeluh? Bukannya memang kehidupan tidak selalu berjalan sempurna?


Sekalipun pada orang yang kita lihat secara kasat mata memenuhi kriteria "sempurna" di mata kita. Di dalam manusia sempurna idaman kita, merekapun memiliki suatu impian dan harapan yang belum kesampaian sehingga jika ditanya mungkin mereka belum puas dengan kehidupan yang mereka jalani. Sehingga perlu kita tanyakan kepada diri kita sendiri :
"Apakah kebahagiaan identik dengan sebuah pencapaian?"

Hmm, gue rasa tidak. Karna gue yakin kalo selama kita "hidup", impian dan harapan kita tidak pernah mati. Lantas, jika impian dan harapan kita belum tercapai; apakah kita mau hidup dalam kematian? Jika jawabannya TIDAK, STOP MENGELUH dan membandingkan kehidupanmu dengan manusia manapun di muka bumi sehingga kita bisa menghidupi kehidupan yang memang dimaksudkan bagi kita.




0 komentar: