Wisdom iN LiFe Part 1

Ams 3 : 1-26

Hikmat adalah kemampuan untuk mengerti maksud dan kehendak Tuhan dalam kehidupan.

Hikmat dapat diperoleh dari pengabdian kepada Tuhan.

We gain wisdom by devoted to God

Mentaati Tuhan
Seseorang dikatakan taat jika ia mendengar dan mematuhi. Banyak orang seringkali terjebak. Mereka merasa sudah menjalani kehidupan rohani mereka dengan pergi ke gereja setiap minggu, bergabung dalam kelompok/persekutuan, melayani di gereja, membaca firman Tuhan tapi ngak ada yang berubah dalam kehidupan mereka. And now, what's the problem? The problem is... Kita terlalu banyak tahu namun kita jarang sekali melakukan apa yang sudah kita tahu. Alhasil, kita jadi orang yang banjir pengetahuan namun minim pengalaman. Hidup seperti itu membuat Tuhan seakan-akan tidak nyata dalam kehidupan kita. Pernah ngalamin koq rasanya Tuhan jauh bangetttt yaaa?? Padahal, Tuhan kita adalah Tuhan yang dekat. Tuhan bilang "Tetap disana, biar Aku yang menghampirimu." Cos He know we need Him. And it's okay, no matter who take the first step to get closer. His Love is always there for us. The real christianity is all about Listen and Obey. Bagi saya, kehidupan adalah rangkaian pengalaman setiap hari berjalan bersama dengan Tuhan.

Do not rely on your own insight or understanding!
God is in control but He doesn't take control. We take the control! We decide. But oftenly, kita decide dengan bersandar pada pengertian kita sendiri yang ngak tau asalnya darimana.

TRUST GOD!
Ngak jarang saya jumpai, bahwa kehendak Tuhan merupakan sesuatu yang lebih tinggi dari standar yang saya tetapkan. Saya sering ngak habis pikir gimana bisa Tuhan suruh kita berbuat baik pada yang jahat? Gimana bisa kita going extra miles kalo tuh orang not deserve any? Gimana kita bisa bersyukur disaat keadaan jauh dari baik? Butttt, dalam kehidupan pribadi saya, saya seringkali diasah oleh Tuhan melalui kejadian demi kejadian yang bagi saya tidak enak. Hanya dua respon, respon manusiawi saya atau respon ilahi yang berasal dari kepercayaan diri penuh karna saya mempercayai Tuhan dengan segenap hati saya. Guess what? Saya jauh merasa lebih baik jika saya menekan respon manusiawi saya dan memutuskan untuk meresponi secara ilahi.

In all your ways know, recognize, and acknowledge Him, and He will direct and make straight and plain your paths.
Kenapa bisa saya merasa lebih baik ketika saya meresponi secara ilahi? Cmonnn guys, kita sudah ditebus dengan darah yang mahal dan dibeli dengan kasih yang tidak terbatas. Hidup dalam kesia-siaan bukanlah suatu tujuan dari kehidupan. I know, we know God redeems us for abundant life! That's why kita selalu merasa going down whenever we choose to ignore God :) Inversely, kita selalu merasa going up whenever we choose to trust Him. Yeahhhhhh, don't u realize?

GOODNESS
Dengan hikmat kita mengetahui bahwa segala sesuatu terjadi oleh karna maksud baik daripada Tuhan bagi kehidupan kita. Dengan hikmat juga kita mengetahui bahwa tidak ada satupun yang gagal dimata Tuhan. Dengan hikmat kita dapat merasakan kebaikan Tuhan dalam kehidupan kita. Dengan hikmat kita dapat bersukacita di saat keadaan tidak memungkinkan untuknya.

Selalu ada reward bagi kita yang memilih untuk memiliki hikmat. We live by faith and not by sight. Di dalam dunia nyata kita mungkin tidak dapat melihat bahwa Tuhan bekerja tapi percayalah bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan orang yang setia kepada Dia. Dikatakan bahwa hikmat lebih berharga daripada perak dan emas. Artinya, bersama dengan Tuhan kita dapat memiliki jauh lebih banyak dari apa yang dapat kita usahakan sendiri secara manusia.

Listen & Obey. Trust God & experience His goodness in LiFe.

[Febryna Halim]

0 komentar: